MaN7NWNbNqZbMGN7NGx7Mqx6NCMkyCYhADAsx6J=
DroidNext adalah website yang memberikan informasi tentang Android baik seputar aplikasi, permainan, tips dan trik bahkan rahasia yang dapat memberikan manfaat positif untuk semua pengguna
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Scan Berkas Dokumen Foto KTP Barcode di Android Terbaru



Scan di Android
DroidNext
DROIDNEXT : Zaman semakin canggih menggunakan Android. Anda bisa melakukan Scan foto/gambar, Kartu Identitas/KTP, surat-menyurat dan juga berkas dokumen penting yang ada. Gunakan CamScanner dan disini akan memberikan Anda versi Premium yang memiliki banyak kelebihan.

Beberapa tahun lalu mungkin mesin Scanner sangat dibutuhkan untuk menScan berkas tertentu. Bahkan waktu itu orang-orang masih menggunakan perangkat komputer juga. Hal ini cukup merepotkan karena harus bertemu dengan peeangkat yang cukup besar.

Saat ini sudah tidak lagi. Anda cukup menggunakan HP Smartphone Android untuk mengatasi hal tersebut. Hanya dengan segenggam tangan yang mudah dibawa kemana saja Anda sudah dapat melakukan Scanning. Ada banyak manfaat dan kelebihan untuk Anda pengguna Android.

Manfaat Melakukan Scan Menggunakan HP Android dengan CamScanner :

  1. Tidak memakan banyak uang untuk biaya scan di jasa scanner
  2. Tidak capek pergi untuk datang ke lokasi scanner
  3. Tidak capek dan merepotkan untuk menghadapi perangkat yang besar salah satunya seperti komputer
  4. Simpel
  5. Mudah
  6. Fleksibel
  7. Bisa scan foto, kartu identitas dan barcode sekaligus
  8. Bisa langsung dikirim kemana saja menggunakan Android
  9. Bisa dicetak langsung menggunakan HP ke printer
  10. Dan masih banyak lainnya.


Jika Anda belum pernah melakukan scan di HP Android maka silahkan baca tutorial atau cara melakukan Scanning di HP Android.

Cara Scan Dokumen Penting Menggunakan CamScanner di Android.

  1. Instal CamScanner melalui Google Play Store untuk Android atau AppStore untuk iPhone
  2. Jalankan CamScanner. di sini Anda bisa masuk atau mendaftar dan Anda bisa berkolaborasi atau membagikannya dengan teman serta mendapat penawaran khusus untuk siswa & guru dengan email .edu untuk mendapatkan ruang penyimpanan awan 400M secara gratis. Sehingga tidak perlu takut dokumen hilang. Atau jika tidak bisa pilih menggunakan langsung.
  3. Tap ikon kamera untuk mengambil gambar dokumen
  4. Anda akan menemukan beberapa opsi yaitu batch mode dan single mode. Batch mode digunakan untuk mengambil gambar dokumen lebih dari satu secara berurutan. Single mode yaitu mengambil hanya satu dokumen, namun keduanya sama saja. Ada beberapa jenis data yang bisa discan menggunakan CamScanner diantaranya dokumen biasa, id card dan barcode. Sementara untuk id card hanya tersedia untuk versi premium.
  5. Selanjutnya setelah posisi subjek sudah pas, ketuk ikon centang untuk memproses ke tahap berikutnya. Agar hasilnya maksimal maka pastikan posisi perangkat stabil dan sejajar di atas dokumen yang akan di scan. Pastikan kamera fokus dan pencahayaan baik. Disarankan menggunakan cahaya luar ruangan karena jika dengan sinar flash yang ada di ponsel akan memantul sehingga hasilnya kurang sebagus menggunakan cahaya luar ruangan.
  6. Kemudian atur rotasi dan area yang akan dipotong seperti tepat di tepi dokumen.
  7. Anda juga dapat menyesuaikan warna kontras seperti Auto, Original, Lighten, Gray Mode, Magic Color, dan Hitam Putih. Pilih yang terbaik dan jelas. Serta memindai semua teks untuk disalin, namun fitur ini hanya bisa untuk versi premium.
  8. Setelah semuanya selesai tap ikon centang, sampai di sini sudah selesai.
  9. Jika ingin mengubah berkas dari JPG menjadi PDF, cari folder dan dokumen selanjutnya tap ikon PDF. Tunggu prosesnya beberapa saat hingga selesai.

Kali ini saya menggunakan kartu identitas yaitu KTP karena memiliki warna lebih rumit, jika dokumen biasa seperti teks dengan kertas warna putih bisa langsung ke melompati tahap 5 di bawah.

Scan Kartu Identitas atau KTP (Kartu Tanda Penduduk)

Untuk caranya sama seperti yang sudah dijelaskan di atas hanya saja pemotongannya dibuat melebihi lebar, tidak tepat di tepi karena akan dipotong menggunakan alat lain. Sedangkan untuk warna bisa original atau lighten karena keduanya tampak lebih baik.

  1. Pertama yang harus Anda lakukan adalah menyimpan dokumen dalam bentuk gambar JPEG ke galeri.
  2. Buka aplikasi CamScanner. Foto atau ambil objek seperi cara diatas.
  3. Jika Anda dudah memiliki foto sebelumnya maka Anda cukup Load atau buka file gambar di aplikasi CamScanner.
  4. Selanjutnya Anda potong bagian luar dokumen terlebih dahulu menggunakan fitur yang ada.
  5. Jika sudah selesai maka pilih Next atau OK.
  6. CamScanner akan memproses Scanning
  7. Setelah sukses maka silahkan disimpan di galeri/memori internal. (Tidak perlu khawatir tentang watermark, saya sudahs sediakan untuk Anda versi Premium.
  8. Selamat. Anda sudah dapat melakukan Scan Kartu Identitas.

Download Scannernya DISINI

Kesimpulan : Gunakan HP Android untuk melakukan Scanning terhadap berkas dokumen penting, foto dan barcode. Alat pembantu aplikasinya yaitu menggunakan CamScanner dan gunakan versi Premium.

Demikian pembahasan mengenai Cara Scan Berkas Dokumen Foto KTP Barcode di Android Terbaru, jika ada pertanyaan atau kendala, Anda bisa menghubungi kami DISINI. kenyamanan Anda adalah kebanggaan saya. Terima kasih.
Share This Article :
Serbarena

Saya adalah orang biasa yang suka berada di dunia digital. Kunjungan Anda ke web saya adalah semangat saya untuk selalu memberi serba informasi yang bermanfaat sesuai minat Anda

Silahkan berkomentar seputar artikel diatas. Kritik dan saran yang positif dari Anda adalah kebanggaan Saya.
7360322025361766771